Contoh Soal Latihan Pre Test UKG 2017

Soal Pre-test UKG (Gambar Info Guru)

UKG (Uji Kompetensi Guru) adalah untuk memetakan kualitas guru, yang nantinya dijadikan bahan pertimbangan guna pengambilan kebijakan yang berkaitan dengan kenaikan pangkat, promosi jabatan dan lain sebagainya. 

Selain itu, kompetensi guru yang diperoleh akan digunakan sebagai bahan untuk melakukan peningkatan kompetensi secara berkelanjutan (diklat). UKG diikuti oleh semua guru baik guru ASN (Aparatur Sipil Negara) maupun guru non ASN.

Untuk guru yang belum pernah mengikuti UKG maka akan diadakan Pre Test UKG yang diikuti oleh guru ASN atau Non ASN. Untuk yang sudah pernah mengikut UKG mungkin tidak menjadi masalah tapi bagi yang baru pertama kali mengikuti UKG tentu bertanya-tanya bagaimana contoh soal UKG. 

Berikut ini contoh soal pre tes UKG 2017

Soal
1. Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus .... 
A. Disusun secara logis dan sistematis
B. Sesuai dengan perbedaan individual siswa 
C. Bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran 
D. Sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan 

2. Berikut merupakan manfaat refleksi pembelajaran bagi guru, kecuali … 
A. Mengembangkan kesadaran guru tentang perpektif, keyakinan, dan nilainilai yang dapat mendorong siswa belajar lebih baik 
B. Mendukung guru dalam merancang hasil belajar optimal dari siswa 
C. Membantu guru menguji efektifitas praktik pembelajaran yang dilaksanakannya 
D. Mengembangkan kepekaan profesional guru terhadap belajar siswa sekaligus pengembangan profesinya 

3. Kajian Pustaka memuat ... 
A. landasan teori, peneilitian yang relevan, hipotesis, kerangka teori 
B. landasan teori, penelitian yang relevan, kerangka pikir, hipotesis 
C. landasan teori, kajian pustaka, penelitian yang relevan, hipotesis 
D. landasan pikir, penelitian yang relevan, kerangka teori, hipotesis 

4. Seorang guru tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Ia harus mampu mengelola kelas dan memotivasi peserta didik untuk semangat belajar. Penampilan guru juga harus menarik dan bersikap empatik terhadap peserta didik. Begitu juga dalam bertutur kata, seorang guru harus memberi contoh bahasa yang santun. Saat di kelas, guru dapat melakukan tindakan untuk menarik perhatian. Misalnya, dengan memberikan pujian atau tanda tertentu, seperti tepuk tangan atau menghentakkan papan tulis, berkeliling ruangan atau berbicara dengan irama. Bisa juga guru memulai pelajaran dengan mengajukan pertanyaan yang membangkitkan minat peserta didik terhadap topik yang dibicarakan. Di akhir pembelajaran guru mengajak peserta didiknya menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami peserta didik. Mereka bisa menuliskan dalam secarik kertas, kemudian membacakannya. Manakah kegiatan peserta didik dalam refleksi pembelajaran .... 
A. Siswa menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami. 
B. Siswa mengikuti instruksi guru pada saat guru memberikan tugas 
C. Siswa berbahasa yang santun saat interaksi kepada guru 
D. Siswa bertanya kepada guru perihal pelajaran yang lalu 

5. Seorang guru akan menunjukkan bangun ruang balok dengan memperjelas atau menekankan bagian-bagian balok seperti: sisi, rusuk, diagonal ruang, diagonal sisi, bidang diagonal dengan animasi. Sofware yang dapat digunakan adalah ... 
A. Microsoft Acces 
B. Microsoft Word 
C. Microsoft Excel 
D. Microsoft PowerPoint 

6. Aliran dari teori belajar yang memandang belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman adalah .... 
A. Kognitivisme 
B. Humanisme 
C. Behaviorisme 
D. Konstruktivisme 

7. Kegiatan-kegiatan berikut yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi guru yang ingin memperoleh gambaran keberhasilan mengajarnya adalah ... 
A. Mencermati kembali kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ia berikan di kelas B. Menanyakan pandangan guru lain terhadap kualitas instrumen penilaian yang akan digunakan 
C. Mengidentifikasi kelemahan RPP yang telah dibuat 
D. Mereview tugas-tugas yang telah diberikan kepada siswa 

8. Bagian Pendahuluan Laporan PTK secara urut terdiri dari ...
A. Latar belakang masalh, rumusan masalah, manfaat, pembiayaan 
B. Latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat, definisi operasional
C. Latar belakang masalah, rumusan masalah, seting penilitian, definisi operasional 
D. Latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, kerangka pikir 

9. Para siswa kelas 2 SD belajar di dalam kelas. Mereka menerima materi pelajaran dengan tema "Keluargaku" yang disampaikan oleh guru. Pesan yang diterima oleh para siswa tersebut dalam proses komunikasi merupakan unsur.... 
A.  Message 
B. Decoding 
C. Noise 
D. Media 

10. Menurut Teori humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia, sehingga tujuan utama para pendidik adalah .... 
A. Membantu siswa belajar bagaimana menghargai manusia lain 
B. Membantu siswa mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik 
C. Menjadikan dirinya menjadi manusia yang berguna bagi orang lain 
D. Membantu siswa belajar menjadi manusia dewasa 

11. Salah satu tujuan guru atau pendidik mempelajari teori belajar adalah .... 
A.  Untuk menguasai kompetensi pedagogis 
B.  Untuk menguasai kompetensi professional 
C.  Terampil mengajarkan teori belajar kepada siswanya 
D.  Untuk mengusai kompetensi sosial 

12. Implikasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran adalah .... 
A. Anak akan belajar jika dibiasakan 
B. Anak akan belajar jika selalu diperintah 
C. Anak akan belajar jika diberikan motivasi 
D. Anak akan belajar lebih giat jika mendapat nilai baik 

13. Ibu Lolita ingin menerapkan strategi pembelajaran "berpusat pada siswa" (student-centered oriented) dengan pendekatan saintifik. Deskriptor dari kompetensi yang hendak dicapai ialah mampu menuliskan teks prosedur.Di antara kegiatan-kegiatan di bawah ini, manakah yang mencerminkan kegiatan langkah mengomunikasikan dari materi di atas .... 
A. Siswa secara mandiri menyusun pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan teks prosedur kompeks yang dibacanya. Siswa membentuk pasangan. Setelah itu, secara bergiliran menyampaikan pertanyan kepada pasangannya.Bila pasangannya tidak mampu menjawab, siswa menyampaikan pertanyaan kepada guru. 
B. Siswa bertanya jawab dan berdiskusi merumuskan struktur dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" Siswa secara kelompok merumuskan dan menuliskan simpulan ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" 
C. Siswa membaca dan mengamati model teks prosedur yang berjudul "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" dengan teliti dan bertanggung jawab. Siswa memperhatikan ciri, struktur,dan kaidah teks prosedur yang terdiri atas tujuan dan langkah-langkah. 
D. Siswa secara kelompok menampilkan hasil kerja analisis ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" di majalah dinding (atau dipapan pajang) Siswa saling menanggapi hasil karya teman. Siswa saling menilai hasil karya teman, 

14. Ibu Prapti menjelaskan materi pelajaran kepada peserta didiknya di kelas satu dengan jelas. Sehingga materi pelajaran yang disampaikan Bu Prapti dapat dimengerti dengan baik oleh peserta didik. Berdasarkan ilustrasi di atas, berarti Bu Prapti sudah menerapkan strategi komunikasi dalam pembelajaran, yaitu .... 
A. Audible 
B. Respect 
C. Humble 
D. Clarity 

15. Buku paket, video, film, bola dunia, grafik, CD interaktif termasuk jenis sumber belajar ....
A. Lingkungan (setting) 
B. Peralatan (device) 
C. Bahan (material) 
D. Pesan (message) 

16. Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam .... 
A. Memberikan bantuan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah 
B. Membimbing anak belajar di rumah 
C. Melaksanakan proses belajar mengajar 
D. Melaksanakan supervisi atau pengawasan 

17. Tujuan PTK adalah ... 
A. Mengetahui efektivitas suatu metode pembelajaran 
B. Mendiagnosis kesulitan belajar siswa 
C. Melakukan perbaikan proses pembelajaran di kelas 
D. Mendiskripsikan upaya memperbaiki proses belajar mengajar 

18. Metode Penelitian memuat ... 
A. Prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan 
B. Prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengolahan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan 
C. Prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan 
D. Prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan 

19. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah .... 
A. Jawaban a, b, dan c benar 
B. Sesuai dengan herarki konsep materi pembelajaran 
C. Memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara berurutan 
D. Menunjukkan kegiatan siswa dan materi 

20. Pembelajaran remedial dilakukan guru untuk membantu peserta didik dalam beberapa hal, kecuali .... 
A. Memperluas wawasan tentang konsep yang telah dipelajari 
B. Mengatasi kesulitan dengan memperbaiki cara belajar 
C. Memperbaiki sikap belajar yang dapat mendorong tercapainya hasil belajar yang optimal 
D. Memahami kesulitan belajar yang dihadapi 

21. Salah satu manfaat media dalam pembelajaran adalah .... 
A. Dapat menjadikan pelajaran menjadi lebih luas 
B. Pembelajaran dapat bermakna ganda 
C. Dapat membuat materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkret 
D. Guru lebih santai karena terbantu 

22. Banyak variasi dalam mendefinisikan media tetapi ada persamaan pengertian, yaitu .... 
A. Perantara guru 
B. Penyalur pesan 
C. Pengantar guru dan peserta didik 
D. Pengantar proses pembelajaran 

23. Kelumpuhan organ bicara dapat menimbulkan kelainan-kelainan bunyi yang yang dihasilkan karena pada rahang, bibir, dan gigi mengalami masalah, baik dibawa sejak lahir atau kecelakaan. Hal tersebut dapat memengaruhi kelancaran komunikasi yang disebut faktor ....... 
A. Bologis 
B. Intelengensi 
C. Pengetahuan 
D. Kepribadian 

24. Dalam sebuah proses pembelajaran, perhatian sangatlah berperan penting sebagai awalan dalam memicu kegiatan belajar. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila .... 
A. Model yang dmenggunakan model-model terkini 
B. Bahan pelajaran merupakan materi yang mutakhir 
C. Metode yang menggunakan multimedia 
D. Bahan pelajaran dirasakan sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa 

25. Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ... 
A. Berrmanfaat bagi kehidupan 
B. Sesuai dengan tingkat perkembangan siswa 
C. Memiliki tingkat kebermaknaan yang tinggi 
D. Sesuai dengan minat siswa 

26. Fasilitas yang dipilih untuk mendapatkan template yang diperlukan ketika bekerja menggunakan Equation adalah .... 
A. Operator 
B. Tools 
C. Structures 
D. Symbols 

27. Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ... 
A. Mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif 
B. Memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar 
C. Memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi 
D. Menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif 

28. Fungsi utama indikator adalah untuk .... 
A. Menentukan media dan sumber belajar 
B. Merumuskan tujuan pembelajaran 
C. Merumuskan bentuk dan jenis penilaian 
D. Menentukan materi pokok 

29. Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ... 
A.  Kreatif 
B. Evaluatif 
C. Kritis 
D. Konservatif 

30. Kemampuan komunikasi yang efektif yang sesuai kondisi psikologi peserta didik adalah sebagai berikut, kecuali .... 
A. Sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan mereka 
B. Tidak menawarkan hadiah bila mereka berbuat baik atau benar 
C. Dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan 
D. Berikan kesan bahwa Anda berada dalam tim yang sama 

31. Di Microsoft Powerpoint pada kotak dialog Record Sound digunakan untuk .... 
A. Menjalankan hasil rekaman 
B. Menyimpan hasil rekaman 
C. Memulai rekaman 
D. Menghentikan rekaman 

32. Ibu Guru menegur siswa yang tidak memperhatikan saat ia mengajar dengan cara menatap langsung siswa tersebut. Komunikasi yang diberikan ibu Guru kepada siswa tersebut merupakan komunikasi.... 
A.  Nonverbal 
B.  Kelompok 
C.  Massa 
D. Verbal 

33. Berikut ini merupakan komponen hardware dari komputer, kecuali ... 
A. DOS 
B. RAM 
C. Procesor Pentium Intel 
D. Hard disk 

34. Kegunaan RPP adalah sebagai pedoman bagi guru untuk .... 
A. Mengelola interaksi pembelajaran 
B. Memberdayakan sumber belajar 
C. Melaksanakan pembelajaran di kelas 
D. Melakukan penilaian hasil belajar siswa 

35. Komunikasi yang disampaikan melalui media televisi disebut komunikasi .... 
A. Massa 
B. Nonverbal 
C. Verbal 
D. Kelompok 

36. Rumusan tujuan pembelajaran menggambarkan .... 
A. Proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar 
B. Indikator pencapaian peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar 
C. Hasil proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar 
D. Proses dan hasil belajar belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar 

37. Berikut ini merupakan prinsip refleksi pembelajaran, kecuali ... 
A.  Sistematis 
B.  Logis 
C. Berkelanjutan 
D. Terintegrasi 

38. Langkah untuk mengatur lebar kolom pada lembar kerja Excel adalah .... 
A.  Sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Column Width 
B.  Sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Column Width 
C.  Sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Row Width 
D.  Sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Row Height 

39. Fungsi dari Winamp adalah ... 
A. Untuk membuat film 
B. Untuk mendengarkan musik 
C. Untuk memutar film yang termuat dalam CD 
D. Untuk mengolah gambar 

40. Istilah "perlu bimbingan" pada deskripsi rapor pengetahuan, diberikan apabila siswa .... 
A. Nilainya rata-rata baik pada semua kompetensi 
B.  Mendapatkan nilai di bawah ketuntasan belajar 
C. Tidak ada yang menonjol pada kompetensi dasar yang diujikan 
D. Merupakan nilai terendah diantara beberapa nilai ulangan 

41. Pembelajaran klasikal cenderung mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada diantara para siswa. Untuk itu jika guru menggunakan pembelajaran klasikal hendaknya .... 
A. Melaksanakan pengayaan bagi semua siswa, terutama pada siswa yang sudah menguasai bahan pelajaran 
B. Memberikan tugas yang disesuaikan dengan tuntutan materi ajar 
C. Melaksanakan pembelajaran masing-masing individu secara berbeda-beda
D. Menggunakan metode, model atau strategi pembelajaran yang bervariasi 

42. Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari kegiatan penyusunan butir instrumen hasil belajar adalah .... 
A. Mempertimbangkan komposisi aspek-aspek kognitif 
B. Membuat indikator soal 
C. Menentukan kompetensi atau indikator yang hendak diukur 
D. Diprediksi dapat dikerjakan oleh sebagian besar siswa 

43. Pak Joko memberikan pujian kepada Asmawi, peserta didiknya yang mampu menjawab dengan tepat pertanyaan yang diberikan kepada Asmawi. Pujian yang diberikan Pak Joko kepada Asmawi adalah dengan cara Pak Joko mengacungkan jempol. Pujian seperti yang dilakukan Pak Joko kepada Asmawi merupakan jenis komunikasi... 
A. Personal 
B. Verbal
C. Satu arah 
D. Nonverbal 

44. Untuk memangkas tepi gambar yang telah kita sisipkan, langkah awal yang harus kita lakukan adalah ... 
A. Klik gambar 
B. Klik ikon Crop 
C. Klik tab Format 
D. Klik ikon Picture 

45. Saat pembelajaran diskusi kelompok. Peserta didik diminta untuk menyampaikan gagasan dan komentar dengan kalimat yang runtun dan lafal yang jelas. Tugas guru adalah menilai peserta didik dengan teknik pengamatan terhadap gagasan dan komentar peserta didik. Rancangan evaluasi yang dibuat guru adalah rambu-rambu penilaan proses pembelajaran dengan aspek-aspek .... 
A. Kelancaran kalimat, kualitas gagasan, ejaan dan tanda baca 
B. Isi gagasan, kesesuaian gagasan, keruntutan kalimat, kejelasan lafal 
C. Intonasi, tempo, kalmat efektif dan ejaan yang benar 
D. Isi gagasan, kesesuaian gagasan, kalimat efektif dan tanda baca 

46. Dibawah ini merupakan pernyataan hipotesis yang sesuai dengan PTK ... 
A. Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) lebih efektif dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas V SD Jayabangsa 
B. Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI mengalami peningkatan hasil bealajar siswa kelas V SD Jayabangsa dibandingkan pembelajaran konvesional 
C. Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa 
D. Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa 

47. Perhatikan KD berikut! KD 3.4. Menggali informasi dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman Berdasarkan KD tersebut, untuk pemahaman peserta didik rumusan indikator yang tepat adalah.... 
A. Siswa menyebutkan ciria-ciri kondisi alam dengan tepat 
B. Membaca teks dongeng dengan nyaring 
C. Siswa dapat menuliskan ciri-ciri kondisi alam dalam teks dongeng 
D. Menyebutkan kondisi alam dalam teks dongeng 

48. Berikut yang bukan termasuk pertimbangan dalam memilih jenis TIK/program komputer yang akan digunakan dalam pembelajaran adalah ... 
A. Ketepatan dengan tujuan pembelajaran 
B. Keselarasan dengan karakteristik materi pembelajaran 
C. Keselarasan dengan karakteristik sasaran atau siswa 
D. Keterbatasan sarana dan prasarana dalam kelas 

49. Perhatikan KD berikut! KD. 3.2 Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup. Berdasarkan KD tersebut, bu Deti merumuskan indikator pembelajaran, berikut ini indikator yang tidak sesuai dengan KD tersebut adalah .... 
A. Membedakan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna 
B. Mengamati jenis hewan yang mengalami metamorphosis sempurna dan tidak sempurna 
C. Mengidentifikasi jenis hewan yang mengalami metamorphosis sempurna dan tidak sempurna 
D. Mengidentifikasi jenis-jenis metamorfosis 

50. Fungsi dari efek animasi Emphasis adalah .... 
A. Untuk menampilkan objek 
B. Untuk memberi penekanan pada objek 
C. Utuk menggerakkan objek 
D. Untuk keluarnya objek

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Soal Latihan Pre Test UKG 2017 "

Posting Komentar