Kisi-Kisi, Soal dan Jawaban PAS IPA SMP Kelas 7 Semester Ganjil
Soal Penilaian Akhir Semester IPA Kelas 7 Semester Ganjil |
Untuk bapak dan ibu guru biasanya membutuhkan kisi-kisi, soal dan lembar jawaban soal PAS (Penilaian Akhir Semester) untuk perbandingan atau untuk membuka kembali berkasnya yang mungkin sudah hilang karena lupa menyimpan atau dipinjam seseorang dan tidak dikembalikan.
Terlebih lagi komputer atau laptop yang biasa digunakan rusak atau hilang digondol maling sehingga semua data yang berhubungan dengan semua pekerjaan tersebut lenyap. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu adalah dengan cara menyimpannya secara cloud atau awan melalui beberapa media seperti dropbox, google drive dan lain sebagainnya.
Berikut kisi-kisi, soal dan jawaban mata pelajaran IPA SMP Kelas 7 PAS (Penilaian Akhir Semester ) Semester Ganjil :
I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.
1. Di bawah ini merupakan kegiatan keterampilan penyelidikan ilmiah IPA:
1) Membuat Inferensi
2) Mengamati
3) Mengomunikasikan
Urutan kegiatan keterampilan penyelidikan ilmiah IPAyang benar adalah ....
A. 1, 2, 3 B. 1, 3, 2 C. 2, 1, 3 D. 2, 3, 1
2. Rangga berjalan dari rumah menuju sekolah sejauh 2 Km. Konversi satuan Km ke dalam SI (Standar Internasional) yang benar adalah .... m
A. 20.000 B. 2.000 C. 200 D. 20
3. Perhatikan tabel di samping.
Alat ukur, satuan, dan besaran pokok menurut SI yang benar adalah ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 4 dan 3
D. 2 dan 4
4. Roni mengukur panjang sisi-sisi sebuah balok menggunakan mistar dengan tahapan seperti gambar berikut.
Berdasarkan hasil pengukuran tersebut, maka sisi P memiliki luas .... cm2
A. 8,75
B. 8,50
C. 7,50
D. 3,75
5. Perhatikan tabel berikut.
Berdasarkan tabel tersebut, besaran turunan dengan satuannya dalam SI adalah ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
6. Sebuah benda yang tidak beraturan diukur oleh gelas ukur, seperti pada gambar di samping.
Volume benda tidak beraturan tersebut adalah .... mL
A. 20
B. 30
C. 40
D. 50
7. Ana melakukan percobaan pada dua pot bunga anggrek dan memgamatinya selama satu minggu. Kedua pot tersebut diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu pada pot pertama disiram dan dipupuk sedangkan pot yang kedua tidak disiram dan dipupuk. Hasilnya bunga anggrek pada pot yang kedua kering dan mati. Dari hasil percobaan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa salah satu ciri makhluk hidup adalah ....
A. Bernafas C. Bergerak
B. Membutuhkan makanandan minuman D. Peka terhadap rangsang
8. Pisangadalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandandengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.
Contoh klasifikasi pada pisang tersebut menunjukkan pentingnya tujuan klasifikasi makhluk hidup, yaitu ....
A. Mempermudah mempelajari C. Memberikan nama yang bagus
B. Variasi nama tumbuhan D. menyesuaikan bahasa setiap negara
9. Ani dan temannya sedang mengerjakan tugas pemberian nama ilmiah tanaman jagung. Penulisan nama ilmiah tanaman jagung yang tepat adalah ....
A. ZEA MAYS B. Zea Mays C. Zea mays D. Zea mays
10. Perhatikan gambar di bawah ini!
Bagian mikroskop yang berlabel d berfungsi untuk....
A. melihat objek yang akan diamati
B. meletakan benda yang akan diamati
C. untuk mengumpulkan cahaya
D. untuk menutup benda
11. Yoghurt merupakan susu yang di fermentasikan oleh bakteri dan bermanfaat bagi tubuh manusia. Bakter yang berperan dalam yoghurt adalah ....
A. Lactobacilus casei C. Salmonella typhosa
B. Mycobacterium tuberculosis D. Escherichia coli
12. Perhatikan ciri tumbuhan di bawah ini.
1) Memiliki bagian bunga dengan kelipatan 3
2) Berkambium
3) Tulang daun menyirip dan menjari
4) Berakar tunggang
5) Kotiledon 1
Ciri-ciri kelompok tumbuhan dikotil yaitu nomor ....
A. 1-2-3 B. 2-3-4 C. 1-3-5 D. 2-3-
13. Ibu Rani merupakan guru IPA kelas VII yang memberikan tugas siswanya untuk membawa sekelompok tumbuhan dengan ciri-ciri sebagai berikut.
1) Memiliki akar, batang, dan daun
2) Tumbuh di tempat yang lembab
3) Tidak berbunga
4) Memiliki spora yang terletak di bawah permukaan daun
Kelompok tumbuhan yang memiliki ciri-ciri tersebut adalah ....
A. Lumut C. Paku-pakuan
B.Tanaman kacang-kacangan D. Rumput-rumputan
14. Kucing, paus, kuda, dan kelelawar menunjukkan kekerabatan yang dekat sehingga dikelompokkan kedalam kelompok mamalia berdasarkan ....
A. Cara berkembang biak C. Sistem rangka tubuh
B. Makanan D. Sistem pernafasan
15. Perhatikan ciri-ciri yang terdapat pada gambar hewan di samping. Arthropoda bersayap ini dikelompokkan kedalam kelas ....
A. Crustacea C. Insecta
B. Arachnoidea D. Myriapoda
16. Perhatikangambar di bawah ini.
(1)(2) (3)
Susunan partikel zat padat, cair dan gas adalah …
A. (1)-(2)-(3) B. (3)-(1)-(2) C. (2)-(3)-(1) D. (2)-(1)-(3)
17. Perhatikan zat-zat berikut.
1) H2SO4 3) Zn 5) C
2) Fe 4) KCl
Zat-zat yang termasuk molekul unsur adalah ....
A. 1, 2, dan 3 B. 1, 2, dan 4 C. 2, 3, dan 5 D. 3, 4, dan 5
18. Jika logam natrium dicampurkan dengan gas klorin akan membentuk garam dapur. Penulisan lambang unsur natrium yang tepat adalah ....
A. N B. Ni C. Na D. Nm
19. Kita sering menggunakan antiseptik dan garam beryodium. Produk tersebut merupakan salah satu produk yang bermanfaat bagi manusia. Salah satu unsur yang membentuk produk tersebut adalah ....
A. Iodium B. Magnesium C. Stronsium D. Kalsium
20. Perhatikan gambar di bawah ini.
Panci adalah alat memasak yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Panci biasanya terbuat dari bahan logam. Contoh pemanfaatan bahan logam tersebut menunjukkan pentingnya sifat fisik logam, yaitu ....
A. Titik didih dan titik leleh tinggi C. Daya hantar listrik
B. Dapat ditempa D. Daya hantar panas
21. Perhatikan zat-zat berikut.
1) H2O 4) PbO
2) NaCl 5) Na
3) He
Zat-zat yang termasuk molekul senyawa adalah ....
A. 1, 2, dan 3 B. 1, 2, dan 4 C. 2, 3, dan 5 D. 3, 4, dan 5
22. Perhatikan data di bawah ini!
1) Mengubah warna kertas lakumus merah menjadi biru
2) Dalam larutan air melepaskan ion OH-
3) Memiliki pH < 7
4) Mengubah warna kertas lakumus biru menjadi merah
Sifat basa ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 4 D. 3 dan 4
23. Hasil percobaan warna lakmus dalam larutan sebagai berikut.
Berdasarkan data di atas, maka larutan yang bersifat asam adalah ....
A. 3, 5, dan 6
B. 3, 4, dan 6
C. 1, 3, dan 6
D. 1, 2 dan 6
24. Indikator asam basa adalah suatu senyawa yang dapat menunjukkan perubahan warna apabila bereaksi dengan asam atau basa. Indikator asam basa dibedakan menjdi indikator alami dan indikator buatan. Berikut yang termasuk indikator alami, yaitu ....
A. Jahe, kubis ungu C. Kulit manggis, lengkuas
B. Jahe, lengkuas D. Bunga sepatu, kunyit
25. Perhatikan gambar di bawah ini.
A. Nitrogen oksida
B. Karbon dioksida
C. Hidrokarbon
D. Karbon monoksida
26. Perhatikan gambar di bawah ini.
Organel sel yang yang diperbesar tersebut memiliki fungsi ....
A. Tempat sintesis protein
B. Respirasi sel
C. Pencernaan Sel
D. Tempat penyimpan cadangan makanan
27. Perhatikan gambar di bawah ini.
Perubahan wujud yang memerlukan kalor ditunjukkan oleh gambar nomor ....
A. 1, 3, 5 C. 2, 4, 6
B. 1, 4, 6 D. 1, 4, 5
28. Perhatikan gambar transmisi listrik jarak jauh berikut.
Pemasangan kabel listrik pada siang hari dibuat kendor bertujuan agar ....
A. Pada cuaca dingin kabel tidak putus
B. Pada keadaan panas kabel listrik dapat putus
C. Tidak menyusut ketika dialiri arus listrik
D. Pada siang hari kabel listrik cepat memuai
29. Perhatikan gambar di samping.
Peristiwa naiknya minyak dalam sumbu kompor adalah peristiwa ....
A. Kohesi
B. Meniscus
C. Adhesi
D. Kapilaritas
30. Perhatikan gambar susunan dua buah gelas kaca yang macet tidak bisa dibuka. Agar mudah dilepas cara yang bisa dilakukan adalah ....
A. Gelas P diisi air panas
B. Gelas Q direndam dalam air panas
C. Kedua gelas sama-sama dipanaskan
D. Kedua gelas sama-sama didinginkan
31. 200 gram es batu dipanaskan. Jika kalor lebur air 336.000 J/kg, maka kalor yang dibutuhkan untuk meleburkan es seluruhnya menjadi air adalah .... J
A. 67.200 B. 1.680 C. 67.200.000 D. 336.200
32. Perhatikan data berikut.
1) Massa jenis zat
2) Titik didih zat
3) Daya hantar listrik
4) Mudah meledak
5) Beracun
Berdasarkan data di atas, yang termasuk sifat fisika dari suatu zat ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1, 2, dan 3 C. 2, 3, dan 5
B. 1, 2, dan 4 D. 3, 4, dan 5
33. Perhatikan pernyataan berikut.
1) Kayu dipotong untuk dibuat kursi.
2) Susu diolah menjadi yoghurt.
3) Ketan diberi ragi sehingga menjadi tapai.
4) Kertas dibakar menjadi abu.
5) Beras digiling menjadi tepung.
Berdasarkan pernyataan di atas, yang termasuk perubahan kimia ditunjukkan oleh pernyataan nomor ....
A. 1, 2, dan 3 C. 2, 3, dan 4
B. 1, 3, dan 5 D. 3, 4, dan 5
34. Desi akan memisahkan serbuk kapur barus dari campuran serbuk kapur barus dan pasir. Metode pemisahan campuran yang tepat dilakukan Desi untuk memisahkan serbuk kapur barus dari campuran serbuk kapur barus dan pasir adalah ....
A. Destilasi B. Penguapan C. Filtrasi D. Sublimasi
35. Toni melakukan pengukuran suhu suatu benda dengan termometer skala Celcius yang memberikan hasil 45oC. Jika suhu benda tersebut diukur dengan termometerskala Fahrenheit, maka suhunya adalah .... oF
A. 49 B. 113 C. 78,8 D. 228
II. URAIAN
36. Ani dan Andre mengukur sisi panjang sebuah meja dengan menggunakan jengkal tangan mereka. Hasil pengukuran mereka berbeda. Untuk memastikan berapa panjang meja sebenarnya, kemudian mereka mengukur kembali dengan menggunakan mistar. Dari ilustrasi tersebut, jelaskan pendapat kalian tentang tujuan penggunaan satuan baku dalam pengukuran!
37. Pada minggu pertama dilakukan pengukuran terhadap tinggi tanaman tomat (Solanu lycopersicum) didapatkan hasil pengukuran 7 cm. Pada minggu kedua tinggi pohon tomat tersebut 14 cm dan pada minggu ketiga tingginya mencapai 21 cm. Hitunglah laju pertumbuhan pohon tomat tersebut!
38. Adanya bermacam-macam tumbuhan di muka bumi ini membuat tingkatan takson tumbuhan diperlukan untuk menentukan apakah tumbuhan tersebut satu jenis atau satu filum dengan yang lainnya. Dapat juga menentukan dimana letak takson dengan ciri- ciri tumbuhan berbunga atau berbiji dan sebagainya. Dulu para ilmuwan menggunakan ilmu pengelompokan atau taksonomi ini untuk menamakan spesies tumbuhan yang baru mereka temukan. Tuliskan urutan takson pada tumbuhan mulai dari yang tertinggi sampai yang terendah!
39. Perhatikan gambar tumbuhan di bawah ini
Berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki, kelompokkanlah ke dalam tumbuhan dikotil dan monokotil.
40. Amatilah gambar di bawah ini!
Dengan menggunakan kalimatmu sendiri, jelaskanlah tentang proses fotosintesis.
0 Response to "Kisi-Kisi, Soal dan Jawaban PAS IPA SMP Kelas 7 Semester Ganjil"
Posting Komentar